BerandaViral5 Penyanyi Dangdut Wanita yang Melegenda, No 4 Dibenci Rhoma Irama

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

5 Penyanyi Dangdut Wanita yang Melegenda, No 4 Dibenci Rhoma Irama

DangdutPro.com, Jakarta – Ada beberapa penyanyi dangdut perempuan yang sudah sangat melegenda sampai memberi warna tersendiri dalam dunia musik. Bukan hanya sekadar wajah cantik, tapi masing-masing penyanyi dangdut perempuan tersebut mempunyai ciri khas tersendiri sehingga mereka bisa bertahan sampai saat ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Uniknya lagi, ciri khas yang dimiliki oleh setiap penyanyi dangdut ini berbeda satu dengan yang lainnya. Ciri khas mereka adalah goyangan dangdut ketika tampil nyanyi. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah penyanyi dangdut perempuan yang sangat melegenda.

1. Rita Sugiarto

img_title
Rita Sugiarto Foto : Instagram.com/ritsu1909/

Nama Rita Sugiarto sangat dikenal di industri musik Tanah Air, khususnya untuk genre dangdut. Masyarakat mulai mengetahui dirinya usai menjadi rekan duet dan juga mengisi berbagai film Rhoma Irama, seperti Darah Muda, Berkelana, dan juga Gitar Tua. Berduet dengan sang Raja Dangdut membawa keberuntungan untuk Rita. Hal ini karena semua album Rhoma Irama sukses di pasaran. 

BACA JUGA : Unik dan Indah, Ini Inspirasi Dress ala Pedangdut Indonesia

Rita Sugiarto juga pernah bergabung bersama Soneta antara tahun 1976 hingga 1981 dan selama itu ia pernah meluncurkan 20 album. Dalam sebuah wawancara tahun 80-an, Rhoma Irama pernah mengakui bahwa ia adalah seorang penyanyi yang langka. Alasannya karen Rita Sugiarto mempunyai suara yang indah, bisa menulis lagu, dan banyak karyanya yang populer. 

2. Evie Tamala

img_title
Evie Tamala Foto : Evie Tamala

Penyanyi dangdut Evie Tamala memulai kariernya jadi seorang penyanyi panggung di orkes melayu Sinar Remaja. Sampai suatu ketika ada seorang pencipta lagu dan produser tertarik dengan suaranya, ia adalah Muchtar B. Evie kemudian masuk ke dapur rekaman tahun 1986 dan membuat album perdana dengan tajuk Sesuap Nasi. 

Tapi sayang, album tersebut dipandang mengecewakan. Tapi ia tidak menyerah, Evie kemudian membuat album kedua tahun 1988 dengan salah satu lagunya bertajuk Tang Ting Tong Der karya Muchtar B. Album kedua tersebut sukses membuat namanya semakin dikenal menjadi penyanyi dangdut Indonesia. Sukses dengan album kedua, ia kemudian meluncurkan album ketiga dan seterusnya sampai namanya semakin dikenal seperti saat ini. 

BACA JUGA : Di Sampang Madura, Gelar Pernikahan dengan Hiburan Orkes Dangdut, Didenda Rp1 Juta

3. Elvy Sukaesih

Imam S Arifin Meninggal Dunia, Elvy Sukaesih Berduka | Republika Online
Elvy Sukaesih Foto : Elvy Sukaesih

Bila Rhoma Irama dikatakan sebagai Raja Dangdut, maka Elvy Sukaesih adalah pemegang gelar Ratu Dangdut Indonesia. Namanya semakin dikenal banyak orang sejak tahun 1970-an. Saat itu, ia menjadi pendamping Rhoma Irama dalam Orkes Melayu Soneta. Elvy kemudian berpisah dengan Soneta tahun 1975 dan melanjutkan kariernya sebagai solois.

Ia kemudian banyak menelurkan lagu-lagu populer, contohnya adalah Sekuntum Mawar Merah, Mandi Madu, Kereta Malam, dan lain sebagainya. Bahkan, karena kesuksesannya ia berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya adalah AMI Award dengan kategori sebagai Artis Solo Wanita Dangdut Terbaik (2005) dan juga berbagai penghargaan yang lain.

4. Inul Daratista

Tag: Inul Daratista - Inul Daratista Emosi Lihat 'Layangan Putus', Kelakuan  Reza Rahadian dan Anya Geraldine Penyebabnya - Tribunnews.com Mobile
Inul Daratista Foto : Inul Daratista ig

Pemilik nama lengkap Ainur Rokhimah ini dikenal lantaran goyangannya yang energik dan lagu-lagunya yang populer salah satunya adalah Buaya Buntung. Setelah mendapatkan predikat goyang ngebor, ternyata hal ini tidak selamanya menguntungkan. Ia juga pernah menuai konflik dengan Rhoma Irama dan goyangan Inul dipandang berbau pornografi. 

BACA JUGA : Tren Musik 2022: Dangdut Makin Besar dan Beragam

Tahun 2003, Rhoma Irama pernah menghimpun rekannya yang tergabung di dalam Paguyuban Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) untuk memboikot Inul yang kala itu dikenal masyarakat lantaran goyang ngebornya. Meski sudah minta maaf, Rhoma Irama tetap tidak mau untuk satu panggung dengan Inul. 

5. Camelia Malik

img_title
Camelia Malik Foto : Camelia Malik ig

Pedangdut cantik ini populer dari tahun 80-an dan dijuluki sebagai Diva Dangdut Jaipong. Hal ini didapatkan lantaran kepiawaiannya dalam membawakan tari jaipong saat bernyanyi dangdut. Namanya semakin dikenal masyarakat Indonesia usai menyanyikan lagu yang berjudul Colak-Colek. Bahkan, lagunya ini mampu menyandingkan dirinya dengan penyanyi besar lain. 

Bahkan, saking populernya lagu tersebut, Camelia Malik berhasil mendapatkan penghargaan dari Pusat Penerangan ABRI. Ia juga pernah mengeluarkan berbagai album mulai dari Raba-Raba, Gengsi Dong, Wakuncar, Murah Meriah, dan Colak-Colek II.(lal)

Populer

Populer Minggu Ini