BerandaNewsKopi DangdutBelum Perbolehkan Gelar Hiburan, Pekerja Seni Sidoarjo Terpaksa Jual Alat Musik

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Belum Perbolehkan Gelar Hiburan, Pekerja Seni Sidoarjo Terpaksa Jual Alat Musik

DangdutPro.com, Sidoarjo – Salah satu grup Orkes Melayu asal Surabaya OM Moneta mendukung puluhan Pekerja Seni di Sidoarjo, Jawa Timur mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Rabu (17/3/2021).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mereka mengeluh, karena sampai sekarang belum diperbolehkan gelar hiburan dalam hajatan. Imron Sadewo salah satu penyanyi dangdut dalam grup OM Moneta curhat nasib teman sejawatnya semasa menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Pekerja Seni Sidoarjo Minta Hiburan dalam Hajatan Diperbolehkan, OM Moneta Ikut Bersuara

Menurutnya, teman-temannya yang bekeja di bidang seni khususnya musik harus menjual alat-alat untuk sekadar memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini terjadi karena memang aturan pagelaran hiburan di Sidoarjo cukup ketat.

“Dulu (sebelum pandemi) keyboard teman-teman banyak. Tapi sekarang sudah terjual. Setelah saya tanya, dijual untuk makan dan kebutuhan sehari-hari,” ujarnya Imron Sadewo yang getol memperjuangkan nasib pekerja seni selama masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Desak Konser Tatap Muka, Promotor Usul Tes GeNose untuk Penonton

Imron Sadewo menyampaikan, para pekerja seni banyak yang bekerja serabutan, hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Saya berterimakasih kepada pemerintah yang telah memperolehkan hiburan,” pungkasnya.

Baca Juga: IDCH Buka Kafe Dangdut, Siap Promosikan Dangdut dan Kopi di New York

Pelaku seni ini merupakan seniman yang menggantungkan pendapatan dari hiburan dalam hajatan, mereka meminta payung hukum dari pemerintah agar dapat gelar hiburan dalam hajatan, meski menggunakan protokol kesehatan.

Terpisah, Achmad Rofi’i Kordinator Pelaku Seni Sidoarjo menyampaikan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif bersama dengan Kapolri yang mengizinkan pagelaran kegiatan masyarakat. Termasuk hiburan dalam hajatan.

Baca Juga: Selamat! Indonesian Dangdut Coffee House Diresmikan di New York

“Pandemi ini sangat memukul perekomian kami, makanya dengan adanya keputusan dari Kapolri dan menteri ini merupakan angin segar. Kami sangat mengapresiasi,” Katanya saat di konfirmasi di Ruang Paripurna DPRD Sidoarjo, Jawa Timur. Rabu (17/03/2021).

Dengan adanya keputusan tersebut, Rofi’i berharap dapat sejalan dengan kebijakan dari Kapolresta Sidoarjo dan juga Pemda setempat. Sebab pada beberapa waktu yang lalu, pelaku seni hiburan sering dibatalkan mendadak, dengan alasan tidak mendapatkan ijin dari yang berwenang.

Baca Juga: Begini Penampilan 7 Penyanyi Dangdut Fenomenal Tanah Air Dulu dan Kini

“Kami sudah berkomitmen, saat mengisi acara tetap menganjurkan sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkapnya. (ful/cak)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini