BerandaNewsDangdut +Ini WNI yang Berhasil Kibarkan Bendera Dangdut di Amerika

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Ini WNI yang Berhasil Kibarkan Bendera Dangdut di Amerika

DangdutPro.com, Jakarta – Belakangan ini musik dangdut kembali mendapat tempat di hati masyarakat Tanah Air. Terbukti lewat maraknya pencarian bakat dangdut di televisi nasional, munculnya pedangdut muda dari daerah, dan sejumlah lagu dangdut yang masuk ke jajaran trending di platform media sosial seperti Youtube dan TikTok.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ternyata di luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat terdapat seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Rissa Asnan yang memilih jalan hidup cukup unik.

Ia mempopulerkan musik dangdut lewat berbagai organisasi yang awalnya bertujuan untuk mempromosikan Budaya Indonesia dan menggalang Dana untuk WNI yang bersekolah di Amerika.

Melansir dari interviewnya dengan KapanLagi.com baru-baru ini, Rissa mengaku bahwa awalnya ia membuat audisi sebuah program yang bernama Dangdut In America (DIA).

Wanita yang merantau ke Amerika untuk studi sejak tahun 1989 ini rupanya ingin dangdut makin dikenal oleh penduduk lokal Amerika.

“Karena saya tidak kenal dengan orang Amerika yang bisa menyanyikan lagu dangdut. Ide tersebut muncul karena sebelumnya jadi seorang Promotor Dangdut mulai 2004. Dengan Thomas Djorghi, Liza Natalia, dan Fitri Karlina. Muncul ide Audisi yang memang dikhususkan untuk penduduk Amerika. Sehingga bisa interaktif langsung dengan warga lokal,” ujarnya kepada tim KapanLagi.com belum lama ini.

Baca Juga: Di Sampang Madura, Gelar Pernikahan dengan Hiburan Orkes Dangdut, Didenda Rp1 Juta

1. Alasan Ketertarikan Pada Dangdut

Rissa Asnan yang dulu berkuliah di West Valley College , Saratoga california kini menjadi seorang ibu rumah tangga yang fokus pada perkembangan musik dangdut di Amerika. Ia mengungkapkan alasan mengapa ia bisa tertarik pada musik ini.

“Saya tertarik dengan musik Dangdut dan ingin memperkenalkan di Amerika karena menurut saya Dangdut adalah musik dengan perpaduan dari beberapa negara, seperti India dan Arab. Kadang terdapat juga unsur rock di dalam musik Dangdut. Dangdut juga membutuhkan keahlian khusus dalam menyanyikannya, dan tidak semua penyanyi bisa bernyanyi dengan cengkok dangdut,” ujarnya.

Baca Juga: Vebrie Verona Duet dengan Pedangdut Amerika, Garap 2 Video Klip Sekaligus

2. Sempat Anggap Dangdut Norak, Kini Bertekad Bawa Go Internasional

Meski kini jadi penggiat dangdut di Amerika, awalnya wanita yang juga mendapat julukan mama dangdut ini justru tidak menyukai genre musik ini. Namun ketika merantau di Amerika ia justru merasakan

“Background saya bukan orang dangdut. Saya termasuk orang yang tidak suka dangdut! Semasa Kecil saya anti dangdut karena menurut saya norak. Mamun karena tinggal lama di Amerika, mendengar dangdut di Amerika membuat saya merinding karena itu lah saya inget kampung halaman dan ingat asal saya dari Indonesia. Saya juga ingin menaikkan derajat dangdut menjadi go-international karena bisa bikin audisi di Amerika. Paling tidak saya bisa membantu apa yang saya bisa bantu untuk Indonesia. Bukan orang yang Kacang lupa kulit,” ungkap Rissa Asnan.

Baca Juga: Pedangdut Indonesia Duet dengan Pedangdut Amerika, Gimana Jadinya

3. Hal yang Bikin Semangat Mengelola Dangdut in America

Empat belas tahun sudah Rissa Asnan mengelola organisasi ini. Ia mengungkapkan beberapa hal yang selalu membuatnya semangat dalam memperkenalkan dangdut di Amerika.

“Hal yang bikin saya semangat karena Saya percaya Tuhan ada. Setiap saya mau berhenti sepertinya Tuhan bilang jangan berhenti. Melalui dangdut saya bertemu dengan banyak orang dan karakter. Tentunya saya juga bangga jadi diaspora yang mempromosikan budaya indonesia, melalui musik dangdut! Paling tidak saya berkontribusi sesuatu kepada Indonesia tanpa pamrih dan rasa cintaku Kepada Indonesia. Minat orang-orang di Amerika terhadap musik Dangdut begitu besar. Musik Dangdut sekarang ini juga berkembang sehingga mudah didengar dan dinikmati oleh berbagai kalangan,” ujar Rissa Asnan.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Gelandangan Dinyanyikan Orang Amerika, Cekidot

4. Sempat Dipandang Sebelah Mata Oleh WNI Sendiri

Meski meraup sejumlah atensi dari penduduk Amerika, rupanya dalam perjalanan 14 tahun DIA justru kerap dipandang sebelah mata oleh WNI sendiri. Dalam operasionalnya, Rissa Asnan bahkan rela mengeluarkan uang sendiri untuk menjamin keberlangsungan DIA.

“Selama 14 tahun saya lebih mudah untuk mendapatkan talent di America dan mereka sangat percaya dan berharap ada salah satu lagu yang akan hits dari lagu original. Saya ngak harus repot audisi lagi karena mereka semua percaya dengan program DIA. Amat disayangkan orang Indonesia sendiri menganggap sebelah mata. Alhamdulillah ada kesempatan dari Allah untuk terus maju dengan tabungan sendiri. Walau secara bisnis belum mengungtukan, saya akan terus maju sampe ada yang hits sebagai Label Dangdut In America,” tutur Rissa Asnan.

5. Kembali ke Indonesia

Rissa Asnan yang sempat tinggal di Indonesia sejak lahir hingga berusia 18 tahun ini mengungkapkan soal kemungkinan dirinya kembali ke Indonesia.

“Kangen sekali dengan Indonesia apalagi menjadi seorang producer Dangdut. Saya merasa sangat bangga telah menjalani semua ini berjuang tanpa pamrih buat indonesia. Rugi bandar iya, tapi hati tetap senang dan bangga,” ujarnya.

“Saya akan menetap di Amerika karena semua anak saya lahir di sini. Alhamdulillah karena Dangdut network dan experience sekarang saya juga usaha NSR Homecare Agency yang membantu merekrut pekerja ke Amerika dengan legal, khususnya pada usaha bidang usaha medis dan kesehatan,” Rissa menambahkan.

Baca Juga: Kafe Dangdut Diaspora Indonesia Resmi Dibuka untuk Umum di New York

6. Penyanyi dan Lagu Dangdut Favorit

Rissa Asnan menyebut sejumlah judul lagu serta pedangdut papan atas Tanah Air yang jadi idolanya. Untuk lagu, Rissa menyukai Yang Sedang Sedang Saja, Anggur Merah, dan Benang Biru. Sedangkan untuk pedangdut wanita idolanya adalah Dewi Perssik, Inul Daratista, Elvy Sukaesih, Camelia Malik. Rhoma Irama dan Meggy Z adalah dua pedangdut pria yang jadi idolanya.

(kpl/dpc/ark)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini