BerandaNewsKopi DangdutIra Swara Ngaku Sempat Minder Jadi Pedangdut

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Ira Swara Ngaku Sempat Minder Jadi Pedangdut

DangdutPro.com, Jakarta – Pedangdut yang populer di era awal 2000-an, Ira Swara, mengaku sempat minder menjadi pedangdut. Mengapa?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pemilik nama asli Wahyuni Irawati ini memulai karier bermusik sejak duduk di bangku SMA. Di awal kariernya sebagai pedangdut, Ira merasa minder karena pada saat itu dangdut masih memiliki stigma negatif di masyarakat.

BACA JUGA: Jadi Pedangdut, Sandrina Azzahra Sisipkan Unsur Tari Tradisional

“Pas itu aku zaman SMA (mulai berkarier), ada rasa kayak minder, malu, penyanyi dangdut dipandang seperti itu ya kurang baik,” kata Ira Swara dikutip dari detikcom.

Walaupun saat itu masih dipandang negatif, pelantun lagu Wanita Idaman Lain ini melihat sisi positifnya dan memilih bertahan. Dia terus berkarya di industri musik dangdut.

BACA JUGA: Sepi Job, Pedangdut asal Magetan ini Buka Warung Pecel

“Padahal kan aku kerja halal, ya sudah lah kalau nggak suka dan aku berpikir masih usia segini udah bisa cari uang sendiri dan Allah ngasih jalan yang terbaik pada saat itu,” tutur Ira Swara.

Lebih lanjut, Ira menceritakan bagaimana pada saat dulu, pedangdut-pedangdut senior seperti Rhoma Irama, tetap melestarikan musik dangdut bahkan hingga kancah internasional.

BACA JUGA: Kabar Duka! Pedangdut Senior Jacky Hasan Meninggal Dunia

Hal tersebut menjadi titik balik dangdut yang saat ini sudah bisa diterima banyak kalangan.

“Kalau dulu itu bener-bener pejuang, memperjuangkan dangdut apalagi seperti bang haji Rhoma dan senior-senior lainnya yang membawa dangdut ke luar Indonesia sampai go international, sukses disemua kalangan. Mereka membuat dangdut yang dulunya banyak yang mencibir segala macem,” terang Ira Swara.

BACA JUGA: Pedangdut Lyia Rilis Lagu Berjudul “Iki Piye”

“Kemudian dangdut sudah mendapatkan banyak dukungan dan diterima banyak kalangan hingga berkembang sampai sekarang,” sambungnya.

BACA JUGA: Berasa Masuk Gua! Ini Penampakan Potret Studio Rhoma Irama dan Soneta

Ira Swara sangat mengapresiasi para pedangdut senior yang terus memperjuangkan musik dangdut menjadi musik yang lebih berkelas.

“Dari senior-senior ini membuat imej dangdut jadi lebih berkelas. Pejuang-pejuang dangdut di awal ini yang luar biasa, yang merasakan sulitnya dangdut diterima di seluruh kalangan,” pungkasnya.(riz)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini