BerandaNewsHallo DangdutJulukan Ratu Pop Koplo dan Asal Nama Via Vallen

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Julukan Ratu Pop Koplo dan Asal Nama Via Vallen

DangdutPro.com, Jakarta – Maulidia Octavia atau lebih dikenal dengan nama Via Vallen penyenyi dangdut yang lahir di Surabaya, 1 Oktober 1991 ini memulai karier di dunia menyanyi sejak umur 15 tahun.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Banyak orang yang menilai kalau Via Vallen dan Isyana Sarasvati punya wajah yang mirip. Namun selama ini keduanya belum pernah terlihat dipertemukan di satu acara yang sama.

Via memiliki penggemar setia dari berbagai kota yang selalu ada setiap Via tampil dimanapun dan menamakan diri mereka Vyanisty. Fanbase Vyanisty telah diresmikan pada tanggal 24 September 2010.

Baca Juga: Man Utd Unggah Foto Via Vallen Hingga Marquez Kembali

Bawakan Lagu Fenomenal

Single pertama Via dengan judul “Selingkuh” rilis secara nasional pada awal tahun 2015. Nama Via Vallen melejit pada tahun 2017 berkat lagu fenomenal berjudul “Sayang” yang semakin membuat Via banyak dikenal oleh pecinta musik di tanah air.

Hingga saat ini, video musik lagu tersebut telah ditonton hampir mencapai 200 juta kali di Channel Youtube ascadamusik.

Hal ini merupakan salah satu rekor pencapaian yang luar biasa dalam karier Via Vallen sebagai penyanyi dangdut pendatang baru di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Via Vallen dan Raisa Gabung di Raya and the Last Dragon

Ratu Pop Koplo

Via Vallen merupakan penyanyi dangdut asal Jawa Timur yang sudah dikenal secara nasional. Hingga ia mendapat julukan “Ratu Pop Koplo”. Lantaran Via kerap mengkoplokan lagu pop yang saat itu viral.

Bersama sejumlah grup musik dangdut terkenal seperti New Pallapa, SERA, Monata dan lainnya. Dari sekian banyaknya artis dangdut, nama Via Vallen cukup populer untuk mendominasi.

Kiprahnya pun semakin gemilang saat sejumlah stasiun televisi nasional mengundangnya untuk menjadi bintang tamu termasuk dalam acara Karnaval Inbox SCTV.

Via bahkan pernah diundang dalam sebuah acara penghargaan yaitu Anugerah Dangdut Indonesia MNCTV 2016 dan berkesempatan manggung bersama sejumlah artis terkenal seperti Dewi Persik, Zaskia Gotik, Raffi Ahmad, Soimah Pancawati dan lainnya.

Baca Juga: Video Klip Terbarunya Dituding Jiplak ‘Above the Time’ IU, Via Vallen Minta Take Down

Suka Musik Rock Sejak Remaja

Meski kini kondang sebagai penyanyi dangdut nasional, rupanya Via sangat menyukai genre musik rock sejak menginjak usia remaja. Evanescence, grup band asal Arkansas, Amerika Serikat, dan Avril Ramona Lavigne (Avril Lavigne), penyanyi-penulis lagu asal Belleville, Kanada, merupakan dua sumber ilham Via dalam berlanggam.

“Mereka itu karakter suaranya powerful. Terus dandanan panggungnya simple, apa adanya mereka aja gitu,’’ ujar Via.

Baca Juga: Dihujat Gegara Jiplak MV K-Pop, Label Via Vallen Salahkan Produser

Asal Nama Via Vallen

Nama panggung Vallen juga diambil dari album pertama Evanescence yang berjudul Fallen. “Aku plesetin saja jadi Vallen. Kece kan?” selorohnya.

Saking gilanya sama pemusik tersebut, Via kemudian merasa tertantang. Jika masyarakat Indonesia bisa menikmati musik barat, mengapa dangdut tidak bisa dikenal di luar negeri? Pertanyaan itulah yang ingin dijawab Via melalui musik-musiknya.

Gabung Sera

Saat talentanya tercium oleh Sera, salah satu orkes melayu yang hit di tanah air, Via langsung mengambil kesempatan itu. Berkat gaya dan kualitas vokalnya, membuat nama Via Vallen semakin melambung. Via panggung dari kota ke kota.

“Aku gabung sama Sera pada 2008. Dari situ, aku jalani manggung dari kota ke kota,” tutur Via.

Bahkan tampil di layar kaca hingga ke luar negeri yakni konser Hongkong dan Tiongkok pada tahun 2016.

Pedangdut asli Jawa Timur ini memiliki darah Bandung dan Aceh. Keturunan Bandung-Aceh berasal dari sang bunda.

Via hobi bernyanyi sejak kecil, mulai kelas 5 SD. Sejak kelas 2 SMP Via mulai ikut manggung sang ayah yang juga seorang musisi dangdut. Namun hal itu masih dihitung sebagai penyanyi yang sedang belajar.

Single Via Vallen

Via sukses merilis single pertamanya yang berjudul ‘Selingkuh’ pada tahun 2015. Selanjutnya berturut-turut Via mengeluarkan single-single terkenal seperti ‘Secawan Madu’, ‘Sakit Sakit Hatiku’, ‘Baper’, ‘Peternak Luka’ dan masih banyak lagi. Termasuk merilis album pertama berjudul The Names pada tahun 2016.

Nama Via Vallen semakin melambung karena berhasil memenangkan penghargaan SCTV Music Awards 2017 dalam kategori Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017. Via juga sukses menjadi Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler dalam kompetisi Indonesian Dangdut Award (IDA) 2017.

Meraih Bintang

Pada tahun 2018, Via berpartisipasi menyanyikan salah satu lagu resmi untuk Pesta Olahraga Asia 2018 (Asian Games 2018) berjudul “Meraih Bintang”.

Lagu tersebut merupakan ciptaan Parlin Burman Siburian. Dengan memadukan lagu pop modern dan dangdut Meraih Bintang membawa semangat meraih kemenangan dengan cara sportif di mana seorang atlet harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik.

Pada 27 September hingga 7 Oktober 2018, Via akan tampil di acara International Indie Music Festival yang merupakan bagian dari penyelenggaraan Pekan Raya Indonesia di Indonesia Convention Exhibition. Sebanyak 107 band dari 30 negara akan meramaikan IIMF tersebut.

Belum lama ini Via Vallen didapuk Disney Indonesia untuk menyanyikan OST film tersebut. Lagu dengan judul “Lead the Way” yang dinyanyikan oleh Jhené Aikoini ini akan dibawakan Via Vallen dengan versi Bahasa Indonesia dengan judul “Kita Bisa”. (ark)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini