BerandaNewsHallo DangdutMisteri di Balik Lagu Duet Ndarboy Gank dan Dodit Mulyanto, Gunung Kemukus

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Misteri di Balik Lagu Duet Ndarboy Gank dan Dodit Mulyanto, Gunung Kemukus

DangdutPro.com, Jakarta – Lagu Gunung Kemukus yang dinyanyikan Ndarboy Gank dan Dodit Mulyanto sempat merajai kategori musik di YouTube beberapa waktu yang lalu. Dari keseluruhan garapan lagu tersebut, terselip sebuah kata yang menarik untuk diselami lebih dalam, yakni, Gunung Kemukus.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Gunung Kemukus sudah termasyhur di Pulau Jawa sebagai gunung yang dikeramatkan. Terdapat berbagai macam ritual aneh nan nyeleneh di tempat tersebut.

Dikutip dari Nusadaily.com, ritual seks bebas di Gunung Kemukus, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Ternyata, ada fakta mengejutkan di Gunung Kemukus Sragen tersebut. Banyak masyarakat yang sering melakukan ziarah hingga melakukan hubungan badan.

Lebih mengejutkan, hubungan badan yang dilakukan di Gunung Kemukus itu bukan lagi pasangan sahnya. Hal itu diyakini bisa membawa kekayaan terhadap mereka yang melakukan hubungan seks di kawasan itu.

Dari mitos tersebut, jika dikaitkan dengan makna dibalik lagu Gunung Kemukus yang bercerita tentang sakit hati, terdapat berbagai kemungkinan yang dapat ditarik.

Sakit Hati Menimbulkan Dendam

Anggon ku berjuang iki
Perjuanganku ini
Ora gur dolanan
Adalah kesungguhan
Ojok mbok anggep guyonan
Jangan kau anggap hanya main-main
Aku sing tenan Sak kuate aku jogo ati
Aku sudah bersungguh-sungguh menjaga hati
kowe milih sing ra pasti
Kau malah pergi dengan yang tak pasti

Lirik lagu tersebut ada pada bait ke dua di lagu Gunung kemukus. Berdasarkan makna singkatnya, ada sebuah dendam yang mendalam kerena cintanya telah dihianati dengan seseorang yang tak pasti.

Baca Juga: Tante Erni Gerah, Bikin Netizen Resah

Atas dendam tersebut, tersebutlah lirik lagu selanjutnya yang menjadi titik balik alur cerita singkat di lagu itu.

Opo kudu tak gowo
Neng gunung kemukus
Tresno ku sing pupus

Lirik tersebut jika diartikan, maknanya adalah sebagai berikut, Haruskah cintaku yang telah pupus ini ku bawa ke gunung kemukus?.

Kenapa cinta yang pupus harus dibawa ke Gunung Kemukus?

Terdapat dua versi mitos tentang Gunung Kemukus. Pertama, bersumber dari juru kunci makam.

Juru kunci biasanya menyatakan bahwa berziarah ke Makan Pangeran Samudro harus berniat lurus dan suci bahkan melarang para peziarah melakukan ritual seks.

Sedangkan versi ke dua bersumber dari orang luar. Dari sini, mereka justru mengharuskan para peziarah lakukan ritual seks. Itu harus dilakukan bila peziarah ingin doanya terkabul.

Dari dua mitos tersebut dapat ditarik dua pendapat tentang pelarian cinta seorang durjana yang cointanya telah disia-sia

Yang pertama, sesuai dengan mitos versi juru kunci, si durjana membawa rasa sakit hati ke Gunung Kemukus adalah untuk menenangkan diri yang nantinya bisa membuatnya lupa dan terus melanjutkan kehidupan, atau biasa disebut move on.

Yang kedua, sesuai dengan versi orang luar, si durjana dengan rasa sakit hatinya, dia pergi ke Gunung Kemukus dengan dendam yang membara. Sakit hati karena usaha yang dilakukannya sia-sia, durjana beranggapan jika harta adalah satu-satunya jalan untuk membuat mantan menyesal, atau bahkan bisa membuatnya kembali ke pelukan durjana.

Dari hal itu, perjalannya ke gunung kemukus adalah untuk melakukan ritual pesugihan yang nantinya dia harap dapat membuat si mantan kembali lagi. (sre)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini