DangdutPro.com, Jakarta – Dangdut sangat identik dengan gendang. Tanpa adanya gendang, tidak akan jadi musik dangdut. Instrumen tradisional Indonesia ini memiliki fungsi sebagai pengatur irama atau alat music ritmis.

Selain gendang masih banyak alat-alat musik ritmis lain. Alat musik ritmis digunakan untuk menjaga ritme dan membuat suara lebih berwarna. Menurut Oregon Symphony, biasanya pemain alat musik ritmis akan memainkan banyak instrumen saat bermain di orkestra.

Alat musik ritmis atau instrumen perkusi adalah instrumen yang mengeluarkan suara saat dipukul, diguncang, atau digesek.

Menurut Oregon Symphony, instrumen ini tidak mudah karena membutuhkan banyak latihan untuk menghasilkan suara yang tepat di kekuatan, waktu, dan tempat yang tepat.

Berikut alat musik ritmis lain selain gendang menurut Ranker.com:

1. Ashiko

Berbentuk seperti silinder meruncing dan terbuat dari kayu. Ashiko sebenarnya adalah sebuah drum dan alat musik ini dimainkan dengan tangan dan disetel dengan tali. Ashiko ditemukan di Afrika Barat.

Baca Juga: Pedangdut Cita Citata Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Bansos

2. Bongo

Sebuah instrumen perkusi Afro-Kuba dan terdiri atas dua drum dengan ukuran berbeda. Di Spanyol, drum yang besar disebut hembra dan kecil disebut macho.

- Advertisement -

3. Kastanyet

Alat musik ritmis ini untuk mengiringi tarian Spanyol. Alat ini terdiri dari sepasang kepingan kayu. Cara memainkannnya adalah dengan ditepuk.

4. Konga

Hampir sama dengan kendang, bedanya konga memiliki bentuk lebih panjang. Terbuat dari kayu, alat musik ini menggunakan kulit hewan pada bagian permukannya untuk menghasilkan bunyi. Teknik alat musik ini dengan cara dipukul.

5. Drum

Dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, alat musik ini terbuat dari plastik. Pada sebuah band, pemain dengan alat musik drum disebut drummer.

6. Simbal

Terbuat dari pelat tipis dengan bentuk bulat. Simbal memiliki nada yang tidak terbatas meskipun berbentuk cakram.

Alat musik ini banyak digunakan pada genre musik dari orchestra, jazz, rock, metal, hingga marching band.

7. Gong

Instrumen dari Afrika, Asia Timur, dan Asia Tenggara ini berbentuk cakram logam bundar, cara memainkannya adalah dipukul dengan palu. Gong sendiri berasal dari China dan menyebar hingga Asia Tenggara.

8. Timpani

Dimainkan dengan cara dipukul dengan mallet timpani. Alat ini terbuat dari sebuah kaya dengan diameter 2 cm. Tabung dari timpani berbentuk seperti mangkuk yang terbuat dari kuningan. Timpani awalnya merupakan drum bagi militer. Kemudian berevolusi menjadi alat orchestra klasik pada sepertiga akhir abad ke-18.

9. Marakas

Alat musik tradisional dari Amerika Latin ini hadir sebagai alat musik untuk Salsa. Marakas dikenal identik dengan suasana laut dan pantai berkat suara semarak yang dihasilkan. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyang sehingga menghasilkan bunyi.

Baca Juga: Sejarah Dangdut, Harmonisasi Musik khas Indonesia hingga Rock

Itulah alat-alat musik ritmis yang ada di dunia, semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai alat musik. (ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here