BerandaNewsDangdut ++Monata Orkes Melayu Pantura Kebanggaan Tapal Kuda
spot_img

Berita Baru

Artist

Irenne Ghea Monderella

Penyanyi Dangdut

Irenne Ghea Monderella, merupakan pedangdut berparas blasteran Indonesia-Belanda. Ia memiliki keturunan Belanda dari sang kakek dan neneknya.

Monata Orkes Melayu Pantura Kebanggaan Tapal Kuda

DangdutPro.com, Malang – Setelah membahas sejarah kemunculan Dandut Pantura, tak lengkap rasanya jika tidak tahu mana-mana saja orkes melayu yang berhasil menasional.

Serta seiring permintaan pasar yang sangat tinggi terhadap gelaran pentas dangdut koplo membuat orkes-orkes Melayu banyak bermunculan, hingga kini, aliran itu menjadi salah satu genre musik mainstream saking banyak penggemarnya.

Tak hanya pada acara kecil, koplo mulai banyak ditampilkan di televisi sampai acara seremoni nasional. Sebagai ibu kandung dangdut koplo, Orkes Melayu pun turut naik daun.

Baca Juga: Dangdut Pantura: Bagai Pil Koplo Murah, Mudah, Bawa Gembira

Ada Orkes Melayu (OM) yang cukup punya nama di Indonesia, antara lain: OM Sonata, OM Sera, OM Pallapa, OM Pantura, dan OM Sagita.

Tapi apakah hanya itu OM yang menggoyang jagat dangdut tanah air, tentu saja tidak. Ada OM lain yang tak kalah populer dari lima OM di atas.

Monata

Imron Sadewo mempelopori pendirian Orkes Melayu Monata pada tahun 1978 di Surabaya. Hingga Kini, grup ini diketuai oleh Bapak Haji Gatot dan pindah markas ke daerah Kandangan, Krembung, Sidoarjo.

Dalam setiap penampilannya OM Monata memiliki ciri khas tersendiri sehingga membuatnya mudah diterima dan dikagumi banyak orang.

Baca Juga: Pedangdut Cita Citata Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Bansos

Mereka menerima request atau permintaan lagu apapun dari penonton, Mulai dari yang bergenre reggae, pop, dan lainnya kemudian membawakannya dalam gaya dangdut koplo.

Karena aksi panggung yang sangat engaging dan fleksibel ini, OM Monata memiliki jadwal pentas yang padat di berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri.

Baca Juga: Selamat! Indonesian Dangdut Coffee House Diresmikan di New York

Selain menaransemen lagu yang sudah ada, grup OM Monata juga sangat produktif menghasilkan lagu-lagu originalnya sendiri. Salah satunya bertajuk “Maafkanlah” yang diciptakan oleh Toni (basis)

Grup ini juga menjadi orkes yang pertama kali merekrut Via Vallen sebagai biduannya sebelum ia menjadi bintang terkenal.

Baca Juga: Sejarah Singkat New Pallapa, Dangdut Koplone Jawa Timur

Salah satu vokalis ikonik dari OM Monata adalah Cak Sodiq. Ia sangat lihai menyulut semangat hadirin untuk berjoget dan bergoyang bersama.

Basis penggemarnya yang meneyebut dirinya New Monata Familia (NEMOFA) sangat banyak di daerah Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember, hingga Banyuwangi. Kota-kota tersebut biasa disebut daerah tapal kuda. (ark)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini