DangdutPro.com, Jakarta – Ibarat Sayur tanpa garam, Dangdut tanpa Kendang is nothing. Tanpa garam sayur hambar, tanpa kendang dangdut hanya akan jadi “dut”. Namanya aja dangdut, dang-nya dipegang kendang. Irama dangdut dapat diidentifikasi dari suara khas kendang.

Penabuh kendang adalah orang yang harus paham irama ketukan. Ia harus bisa selaraskan antara bunyi kendang dan irama lagu.

Membutuhkan talenta khusus untuk bisa jadi penabuh kendang. Kebanyakan merupakan orang dewasa. bagaimana kalau ada penabuh kendang cilik?

Semakin ke sini dangdut semakin mendunia, orang berlomba-lomba menjadi bagian dari dangdut itu sendiri.

Bisa dibilang penabuh kendang cilik langka, Berikut DangdutPro.com mencoba menggali data penabuh kendang cilik di Indonesia:

1. Alvaro

Alvaro si kendang cilik, berusia masih 5 tahun, asal Banyuwangi. Murid dari Wanada music school kelas kendang.

Alvaro bocah imut, di video di atas sangat lincah dan sudah sangat terlatih mengiringi musik dangdut yang iramanya bahkan sangat cepat. Banyak juga video lain yang menampilkan aksi Alvaro dalam bermain kendang di acara-acara panggung dangdut.

2. Izul

Izul yang sering disebut Kendang Cilik Banyuwangi, sama dengan Alvaro asalnya dari Banyuwangi. Tidak disebutkan usianya berapa di banyak video. Sekilas mungkin usianya tak lebih dari 8 atau 9 tahun.

- Advertisement -

Izul ini bawaannya cuek. Main kendang sambil disuapin makan bakso atau siomay. Tapi ketukannya tetap pas dan membahana banget. Luar biasa talenta anak ini. Izul punya channel sendiri di Youtube dengan nama Kendang Cilik Banyuwangi.

Baca Juga: Pedangdut Cita Citata Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Bansos

3. Tegar

Satu lagi penabuh kendang yang memiliki talenta langka dan sangat membahana: Tegar Gendang Cilik Kota Batu. Masih kelas 4 SD, berarti usianya sekitar 10 tahun. Tegar ini sudah pernah tampil di stasiun TV Swasta. Ia paling banyak disawer jika tampil di panggung.

Tegar juga sama dengan Izul. Ia cuek, cool, tapi kalau sudah nabuh kendang, membuat orang terkesima dengan keahliannya. Nabuh kendang seolah tanpa beban, padahal itu susah banget.

Baca Juga: IDCH Buka Kafe Dangdut, Siap Promosikan Dangdut dan Kopi di New York

4. Satu Grup

Yang satu ini tidak hanya penabuh kendang cilik saja, tapi satu grup dangdut yang digawangi Cak Percil pelawak asal Banyuwangi. Grup itu bernama D Sultan Cilik.

Dengan konsep yang cukup unik mengusung “Kangen Sekolah”, seluruh anggota Orkes Melayu ini mengenakan seragam mulai dari TK hingga SMP.

Baca Juga: Bocah TK-SMP Dangdutan Viral di Media Sosial, Netizen: Guru Rapat

(ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here