DangdutPro.com, Jakarta – Sandiaga Uno berkomunikasi dengan Rhoma Irama terkait rencananya mengusulkan musik dangdut masuk warisan budaya dunia kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO.

Ia mengaku meminta dukungan dari Raja Dangdut Rhoma sebagai musikus dangdut senior.

Baca Juga: Ingin Seperti Hollywood dan K-Pop, Sandiaga: Dangdut Music Of My Country

“Langsung saya terhubung dengan Bapak Profesor KH Rhoma Irama yang terkenal sebagai raja dangdut untuk memohon endorsement dari beliau,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 17 Februari 2021 petang.

Sandiaga menyebut Rhoma Irama mendukung rencana Kementerian mendorong musik dangdut menjadi warisan budaya dunia setelah sebelumnya sempat tersendat.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kagumi Pembuatan Kapal Kayu Angkutan Barang di Belitung

Sandiaga berharap, dengan masuknya dangdut sebagai warisan budaya dunia. Semangat para seniman untuk bergerak cepat memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional terpacu.

Ia meyakini dangdut bisa mendunia selevel Hollywood dan K-Pop.

- Advertisement -

“Jadi kalau Amerika punya Hollywood, Korea punya K-Pop, sudah saatnya Indonesia punya dangdut sebagai music of my country,” tutur dia.

Hiburan Masyarakat di Masa Pandemi

Sandiaga menambahkan, dangdut sejak lama menjadi hiburan bagi masyarakat di berbagai kalangan. Di samping itu, musik tersebut memiliki potensi menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Saat ini, tutur Sandiaga, terdapat 18 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan penghidupannya di sektor ekonomi kreatif, termasuk dangdut.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Bertekad Gairahkan Kembali Industri Kreatif

Dia menilai lapangan kerja pada industri musik dangdut tak hanya merujuk pada pasar penyukanya, tapi juga kegiatan-kegiatan usaha yang terhubung dengan pertunjukan tersebut.

Besarnya peluang usaha itu ia contohkan lewat meledaknya pengagum dangdut campur sari yang dipopulerkan oleh Didi Kempot.

Baca Juga: Asita: Menparekraf Sandiaga Uno Pilihan Tepat Pulihkan Pariwisata

Masa pandemi COVID-19, Sandiaga mengatakan dangdut efektif meningkatkan kebahagiaan masyarakat.

“Jadi dangdut banyak dipakai untuk senam maupun juga untuk kegiatan lainnya, membawa satu konsep menjadi mood booster, yaitu meningkatkan mood atau meningkatkan semangat bagi para pendengarnya maupun juga bagi para pemusiknya,” pungkas Sandiaga Uno. (ark)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here