DangdutPro.com, Jakarta – Menjadi bintang tamu dalam program baru Denny Caknan, Deni Afriandi atau yang akrab disapa Cak Percil semakin terkenal.

Pria kelahiran Banyuwangi ini baru saja menjadi bintang tamu di program baru Denny Caknan yang tayang perdana pada 24 April 2021 lalu.

Cak Percil yang saat ini tinggal di daerah Blitar menceritakan perjalanan karier dan kisah hidupnya.

Penasaran dengan cerita Cak Percil. Langsung saja kita simak profil Cak Percil dalam deretan foto dan informasi di bawah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Program Baru Denny Caknan, Cak Percil: Iki Podcast Koyo Artis Jakarta

Awal Karier Cak Percil

Masa kecil Cak Percil (tengah) dihabiskan di Banyuwangi, Jawa Timur. Sejak TK ia sudah menekuni dunia tari Mbanyuwangian. Darah seni mengalir dari sang ibu, Puji Astutik.

Ibu Cak percil merupakan seorang sinden Janger (kesenian Banyuwangi yang memadukan tarian dan gamelan dengan kisah rakyat Jawa).

Baca Juga: Tampil dengan Balutan Hijab, Vita Alvia Jadi Calon Menantu Idaman Netizen

Kemudian ia bertemu dengan pelawak senior H. Mohamad Syakirun atau Kirun (paling kiri) yang membawanya untuk menimba ilmu di Depot Seni Kirun CS yang berlokasi di Madiun.

Baca Juga” Pedangdut Cita Citata Dipanggil KPK Sebagai Saksi Kasus Bansos

Guyon Maton

Setelah menimba ilmu selama kurang lebih 10 tahun, ia memutuskan untuk keluar dan memilih mendirikan grup lawak Guyon Maton bersama Cak Hengky yang juga teman semasa menimba ilmu di padepokan.

Dari situlah kemudian Cak Percil memulai karier di dunia pertelevisian dengan mengisi program JTV yang bertajuk Ndoro Bei.

Cak Percil kembali ke dunia seni atas saran dari mendiang ayahnya. Ayahnya berpesan bahwa lakukanlah apa yang menjadi passion, maka uang akan datang dengan sendirinya.

Cak Percil (kanan) mulai dikenal sejak bergabung dengan Cak Yudho dalam grup Duo Peye. Banyak orang yang mulai melihat Cak Percil sebagai pelawak tradisional yang berbakat.

Baca Juga: IDCH Buka Kafe Dangdut, Siap Promosikan Dangdut dan Kopi di New York

Pada tahun 2018 ia dan cak Yudho sempat diundang ke Hongkong. Namun secara mengejutkan mereka tersandung masalah dugaan penyalahgunaan dokumen Visa dan ditahan oleh Imigrasi Hongkong.

Dalam proses pembebasan, mereka dibantu oleh pemerintah Indonesia. Simpati juga datang dari Gubernur Jawa Timur saat itu Saifullah Yusuf. Persatuan Seniman dan Komedian Indonesia juga sempat mengupayakan kebebasan dari dua orang seniman daerah ini.

Setelah bebas, kini Cak Percil (foto kiri) masih mengisi acara lawak tradisional dan modern di berbagai tempat dan di stasiun televisi. Di acara lawak tersebut cak Percil biasanya juga mengisinya dengan bernyanyi lagu campursari atau dangdut.

Duet dengan Pedangdut Lain

Karena ternyata memiliki suara yang merdu, Cak Percil beberapa kali berduet dengan beberapa pesinden di acara tradisional hingga pedangdut hits seperti Happy Asmara dan Irenne Ghea.

Cak Percil menikah dengan Deni Kristiani di tahun 2013 yang saat itu juga tenar sebagai pesinden di Jawa Timur. Cak Percil dikaruniai seorang putri cantik bernama Kayla Mahandini.

(ark)

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here