BerandaNewsRilis Lagu Sapu Jagat, Ian Kasela: Tak Bisa Diklaim Itu Doa

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Rilis Lagu Sapu Jagat, Ian Kasela: Tak Bisa Diklaim Itu Doa

DangdutPro.com, Jakarta – Lama tak meriliris lagu, Pada ramadan tahun ini Radja Band merilis sebuah lagu religi. Judul lagunya sama seperti single terbaru grup musik Sabyan, yakni Sapu Jagat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Vokalis Radja, Ian Kasela mengatakan, ia tak mau dibilang menjiplak karya Sabyan meskipun judul lagunya sama, protes itu disampaikan di Instagram.

Baca Juga: Istri Lahiran Bayi Cowok, Rizki: Sang Jagoan Kecil Ibu dan Abi

“Tadi sore gue dapet beberapa link, ada yang ngirimin, (link) media online, di situ disebut lagu religi Radja yang baru di ramadan ini dibilang menjiplak, agak sedikit nggak habis pikir lah,” kata Ian Kasela dikutip Rabu (14/4/2021).

Menurut Ian, bukan berarti bisa disebut sebagai tindakan plagiarisme meski judul lagunya sama.

Baca Juga: Ini Arti Kata Gelay yang Diucapkan Nissa Sabyan

Sementara lirik di bagian reff yang memuat doa sapu jagat menurutnya adalah milik semua umat Islam karena ada di dalam Alquran.

“Kalau lirik di Reff itu memang sebuah doa Sapu Jagat dan itu berlaku untuk seluruh umat muslim ya, jadi tidak bisa kita mengklaim itu milik kita karena itu doa,” ujarnya menjelaskan.

Kepada sebagian masyarakat yang menyebut lagu Sapu Jagat milik Radja meniru milik Sabyan, Ian Kasela merasa kecewa. Dia meminta mereka menyimak baik-baik notasi lagunya apakah benar mereka meniru atau tidak.

“Kenapa nggak coba diriset dulu, silakan disimak dulu, dengarkan baik-baik lagunya, notasinya, apakah benar mengcopy-paste atau menjiplak,” katanya.

Video Klip Lagu Sapu Jagat

Ketika dilihat dan dibandingkan, video klip Sapu Jagat milik Radja dan Sabyan sedikit berbeda meski memiliki kesamaan lirik di bagian Reff dan judul.

Sabyan, dalam video klipnya menampilkan model yang sedang berakting yang mengikuti lirik dan alunan nadanya.

Sementara Radja di video klipnya menampilkan sang vokalis dengan Dewi Perssik yang beradegan sensual.

Namun, konsep band Radja dan Sabyan Gambus sama-sama memakai warna hitam. Soal waktu perilisan klip memang lebih dulu Sabyan di awal Maret lalu, sementara Radja pada 9 April.(ark)

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini