BerandaNewsDangdut +Sejarah Dangdut, Harmonisasi Musik khas Indonesia hingga Rock

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Sejarah Dangdut, Harmonisasi Musik khas Indonesia hingga Rock

DangdutPro.com, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dangdut? Jenis musik ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Tau Sejarah Dangdut?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain itu, penggemar dangdut tidak hanya dari kalangan orang tua saja, kini banyak remaja bahkan bocil (bocah kecil) banyak yang menjadi penggemar dangdut.

Musik dangdut merupakan perpaduan musik lokal khas Indonesia dengan musik film India dan Malaysia, serta musik rock Barat.

Perpaduan gaya ini digunakan pertama kali di Jakarta, sekitar akhir tahun 1960-an. Kemudian gaya ini mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970-an serta 1980-an.

Mengutip dari Encyclopedia Britannica, Sejarah musik dangdut muncul pada abad ke-20.

BACA JUGA: Ayu Ting Ting Pernah Tempelin Upil di Rumah Sule dan Atta Halilintar

Bermula dari keinginan musisi muda Indonesia untuk membuat musik modern yang menarik berbagai kalangan.

Dilansir dari situs Institut Teknologi Padang, musik dangdut lahir dari pengaruh musik India dalam film Bollywood yang berjudul ‘Boneka India’.

Sekitar tahun 1950-an, film Bollywood ini sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada 1968, Rhoma Irama merupakan salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia.

Secara perlahan, musik ini mulai dikenal oleh publik secara luas sekitar 1970-an. Tidak hanya dipengaruhi oleh musik India, musik dangdut juga dipengaruhi oleh musik Arab, khususnya pada bagian cengkok serta harmonisasi nadanya.

1970-1980

Raja Dangdut Rhoma Irama.

Pada 1970 hingga 1980, musik dangdut menjadi primadona genre musik yang sangat diminati oleh warga Indonesia. Awalnya kisah dalam lagu dangdut berangkat dari kisah romantis.

Namun, semakin lama musik dangdut juga turut membahas berbagai isu sosial serta mengajak pendengar untuk senantiasa mengingat ajaran agama Islam.

Rhoma Irama adalah sosok yang mempopulerkan dangdut hingga ia dijuluki “Raja Dangdut”.

BACA JUGA: Prihatin Pandemi, Rhoma Irama Rilis “Derita Pengangguran”

1900an

Ketenaran musik dangdut pernah membuat musik ini dilarang pemerintah untuk disiarkan di radio serta televisi pemerintah.

Pada 1990-an pemerintah menganggap jika musik merupakan salah satu lambang penting dalam pembangunan Indonesia serta menghilangkan batasan yang mungkin pernah ada sebelumnya.

Walau kini ketenaran musik dangdut tidak seheboh yang dulu, tetapi musik dangdut masih sangat digemari.

Tidak hanya Indonesia, dangdut juga telah go internasional dengan munculnya pedangdut dari luar negeri seperti Joelina Bee dari Amerika Serikat.

BACA JUGA: Ini Sosok Joelina Bee, Pedangdut dari Amerika Serikat

Selain Raja Dangdut Rhoma Irama, banyak musisi dangdut legendaris Indonesia lainnya yakni Elvy Sukaesih, Meggy Z, Caca Handika, Mansyur S, Evie Tamala, Ida Laila, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah dan Inul Daratista.

Hingga saat ini bermunculan penyanyi dangdut baru yang kebanyakan dari Jawa Timur seperti Via Vallen, Nella Kharisma, Happy Asmara hingga Esa Risti. (jay)

BACA JUGA: Pedangdut Cantik Jawa Timur, Suaranya Bikin Baper

Advertisements

Populer

Populer Minggu Ini