BerandaNewsDangdut +Tanyakan Royalti Karyanya, Lagunya Dibawakan Imam S Arifin hingga Inul Daratista

Berita Baru

Artist

Happy Asmara

Penyanyi Dangdut

Heppy Rismanda Hendranata, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Happy Asmara adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris berkebangsaan Indonesia. Lagu bertajuk "Tak Ikhlasno" menjadi salah satu lagu karyanya yang paling populer. Namanya semakin dikenal setelah ia merilis singel bertajuk "Dalan Liyane".

Tanyakan Royalti Karyanya, Lagunya Dibawakan Imam S Arifin hingga Inul Daratista

DangdutPro.com, Sukabumi – Lagu berjudul Benalu Cinta lirih melantun dari mulut Syam Permana alias Syamsudin, sambil menggenggam smartphone yang lagu yang dibawakan pedangdut Imam S Arifin.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Siapa sangka pria yang tinggal di Kampung Babakan Jawa, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi merupakan sang pencipta lagu dangdut.

Sejak 1980 hingga 2000 pria berusia 58 tahun itu sudah banyak menciptakan lagu untuk pedangdut terkenal.

Baca Juga: El Ibnu Hopeless soal Royalti atas Lagunya

Bahkan beberapa lagu ciptannya, kembali nge-hits setelah banyak konten lagu di YouTube menggunakan lagu yang dibuatnya.

“Pertama bikin lagu tahun 80-an. Ada penyanyi Lulu Ervan waktu itu Orkes Melayu Sonika pimpinan Asdi Noor judul lagu Biarkan Ku Sendiri. Waktu itu nama saya masih Syamsudin saat itu ia membuat lagu di Jakarta,” kata Syam dilansir dari detikcom. Selasa (16/2/2020).

Syam masih ingat setiap hasil semua judul lagu dan nama penyanyi yang melantunkan lirik lagu buatannya itu. Nama pedangdut seperti Imam S Arifin, Inne Chintya, Ona Sutra, Asep Irama hingga Inul Daratista pernah ia buatkan lagu.

“Muchsin (Alatas) ‘Biar Berlalu’, Ida Laela ‘Dia Yang Kejam’ dan ‘Pernyataan Cinta’. Saya bikin lagu sampai tahun 2000an. Perpindahan dari kaset ke VCD kan banyak itu bajakan-bajakan jadi produser juga mau beli lagu bingung,” tutur Syam.

Baca Juga: Pencipta Lagu Dangdut asal Sukabumi Pertanyakan Hak: Royalti Karya Saya Harus Diperhatikan

Lagu Ciptaan Syam

Syam juga menyebut sederet nama pedangdut yang memakai lirik ciptaannya.

“Imam S Arifin ‘Benalu Cinta’, ‘Bagaimana Bisa’ lalu nama Dewi Purwati, Inne Chintya, Mirnawati Dewi, Tuti Wibowo, Nurhalimah, Minawati Dewi, Dila Ayug, Titik Nur, Gebby Pareira,” ungkapnya.

“Kemudian Yus Yunus ‘Pita Merah Jambu’, ‘Di Matamu Kulihat Rembulan’, lalu Ona Sutra ‘Masih Terbayang’, ‘Pajangan Mimpi’, ‘Yang Terakhir’, bahkan Inul Daratista judulnya ‘Terimakasih’ ada juga Asep Irama ‘Kasih yang Terbuang’, jadi setiap penyanyi itu ada yang sampai beberapa lagu ciptaan saya,” sambung Syam.

Baca Juga: Begini Penampilan 7 Penyanyi Dangdut Fenomenal Tanah Air Dulu dan Kini

Syam melepas lagu-lagunya itu kepada beberapa orang produser, tanpa dibekali perjanjian khusus ia menjual lepas setiap lirik lagu ciptaannya.

Ia menerima sejumlah uang yang ditandai dengan kwitansi untuk setiap lagu buatannya. Nama Syam juga tertulis sebagai pencipta lagu di kaset dan tayangan video di televisi.

“Satu lagu ada yang Rp 25 ribu sampai Rp 150 ribu. Meskipun begitu saya bahagia dan kebangaan sendiri ketika lirik yang saya buat dinyanyikan kemudian diperdengarkan di radio dan televisi. Apalagi ada nama saya di situ sebagai penciptanya,” lirihnya. (ark)

Populer

Populer Minggu Ini